SELAMAT MALAM, SENJA

PENGGALAN 1

Selamat Malam, senja.

Ridho nama pendeknya, beranjak dari pembaringannya menuju arah depan kamarnya lalu menempellah wajahnya di balik kaca bening yang begitu jelas memperlihatkan langit kala senja itu. Tanpa kecerahan yang terpancar dari langit, seakan menjadi keadaan yang sama terhadap suasana hati bahkan fikiran Ridho, begitulah hujan mengguyur bumi.

Perlahan, Ridho melepaskan wajahnya dari permukaan kaca jendela kamarnya yang sudah penuh dengan butir-butir debu. Tangannya yang begitu lemah meraih pegangan pintu dan membuka dua kali arah kunci sehingga terlihatlah suasana nyata di depan pandangnya berupa jatuhan air dari langit senja itu.

Sementara, Ridho duduk di atas lantai di bawah bingkai rangka pintu kamarnya dan termangu menatap langit atau meringis memandangi hujan yang turun begitu derasnya dimana malaikat sedang mencatat pada saat bersamaan bahwa hati Ridho sedang menangis mengingat yang telah terjadi dan berlalu pada sepanjang pertumbuhan hidupnya.

Kumandang Adzan tidak mengagetkan Ridho, namun belum membuat Ridho beranjak dari posisi duduknya tadi untuk segera mengambil air wudhu dan menunaikan ibadah Shalat Maghrib. Ridho terus saja memandangi jatuhan air hujan yang memercik hingga ke dekat kakinya, terkadang dia mengusap kakinya untuk menghilangkan basah akibat percikan air. Tetap diam tak beranjak.

Sesaat berlalu, barulah Ridho mengangkat badannya untuk berpindah ke dalam kamar mandi dan mengambil wudhu untuk melanjutkan segala doa dan curhatan dari hatinya, karena hanya Allah yang dia anggap menjadi Sahabat terbaik dari hidupnya yang senantiasa menemaninya dalam keadaan susah atau senangnya.

Sekembalinya Ridho dari segala doa dan curhatannya kepada Allah, dia tetap berpulang pada posisi nyamannya di atas kasur dan bersender di batas dinding kamarnya yang menegaskan dingin karena cuaca begitu tidak baik pada senja ini. Entah apa dalam fikirnya, diam saja tanpa banyak melakukan gerakan-gerakan badan yang menyiratkan bahwa Ridho tidak sedang bersemangat.IMG_20131127_132653

Leave a comment